Korean Skincare Routine for Oily Skin (Lush, Missha, Biore, and Klavuu mini review) Part 1


Semenjak saya menjadi lebih perhatian sama kulit wajah, saya jadi rajin berpetualang di internet dan membaca ulasan-ulasan mengenai produk perawatan wajah dan make-up. Setelah membaca banyak ulasan tersebut, saya tertarik dengan produk-produk perawatan wajah dari asia timur seperti Jepang dan Korea Selatan. Akhirnya saya mulai cicil beli lewat id.althea.kr. Waktu itu di Althea lagi ada promosi diskon 100.000 dan bebas biaya pengiriman untuk pembelanjaan diatas 300.000. Saya juga beli beberapa barang melalui Wishtrend.com dan Jolse.com. Oh iya, beberapa produk juga saya beli langsung di Korea Selatan.

Saya memulai rutinitas the 10 Step Korean Skincare routine sejak 6 bulan lalu. Tapi saya sudah beberapa kali mengganti produk dalam rutinitas saya ini beberapa kali, jadi produk-produk yang saya sebutkan disini bukanlah produk yang saya gunakan sejak awal. Saya masih dalam pencarian untuk menemukan produk yang benar-benar ‘berhasil’ untuk membuat kulit wajah saya lebih sehat dan glowing. 

Dalam 10 Step Korean Skincare Routine langkahnya adalah:

Oil cleansing - Water based cleansing - Toning - Exfoliate - Essence - Serum/Ampoule - Eye cream - Moisturiser - Sun protection. 

Seluruh rangkaian rutinitas tersebut tentunya tidak saya gunakan setiap hari. 

Kita mulai dari cleansing step yaitu: Oil cleansing - Water based cleansing - Toning.


Saya sudah menggunakan Klavuu Pure Pearlsation Cleansing Oil ini kurang lebih satu bulan. Saya beli ketika saya liburan ke Korea Selatan. Harganya 33.000 KRW (Cukup mahal untuk sebuah cleansing oil, tapi saya beli waktu ada promo 1+1). Saya suka sekali wanginya yang tidak terlalu menyengat. Cleansing oil ini berubah menjadi ‘susu’ ketika bercampur dengan air. Cukup efektif untuk membersihkan make-up yang tahan air seperti liquid lipstick dan riasan mata.


Selanjutnya, saya menggunakan Lush Dark Angels sebagai water based cleansing. Saya sebetulnya kurang yakin apakah ini termasuk dalam water based cleansing hehe. Saya beli di Lush Korea seharga 22.000 KRW (lagi-lagi harga yang cukup mahal untuk produk pembersih wajah). Walaupun harganya cukup mahal, saya jatuh cinta sama produk ini. Lush Dark Angels mengandung powdered charcoal, avocado oil, sandalwood oil, rosewood oil, dan black sugar. Sebetulnya produk ini lumayan keras bagi kulit karena kandungan natural exfoliator--black sugar didalamnya. Tapi saya sudah menggunakan ini selama kurang lebih satu bulan di pagi dan malam hari. Hasilnya kulit wajah saya terasa lebih bersih dan lembut. Oh iya Lush Dark Angels ini cuma bertahan 3 bulan. Saran saya kalau mau beli yang ukuran 100g saja. 


Untuk toning, saya sebetulnya punya tiga toner yang saya pakai bergantian sesuai dengan mood. Namun yang akan saya bahas disini adalah toner yang saya pakai hampir setiap hari yaitu Benton Aloe BHA Skin Toner. Saya beli di Jolse.com seharga $16.5. Toner ini mengandung Aloe water, Aloe extract, Hyaluronic Acid, Snail secretion filtrate, dan BHA Salicylic Acid. Benton Aloe BHA Skin Toner memiliki pH yang rendah dan kandungan aktif BHA didalamnya bisa menjadi eksfoliator kimia. Saya terkadang menggunakan kapas untuk mengaplikasikan ke wajah atau langsung dituang ke telapak tangan dan diusapkan ke wajah. 

Lanjut masuk ke day time routine dulu yah yang lebih simple langkah-langkahnya.

Essence - Sun protection.



Essence yang saya gunakan yaitu Missha Time Revolution First Treatment Essence Intensive. FTE dari Missha ini bisa dibilang dupe-nya SK-II FTE. Harga Missha FTE ini setengahnya dari SK-II. Untuk informasi sebelumnya saya pernah pake SK-II FTE jadi saya bisa kasih komparasi untuk bahas tentang si FTE ini. Price wise, jelas Missha FTE jauh lebih murah daripada SK-II FTE. Saya beli ini di Althea seharga Rp. 259.745 (saya beli pas ada promo diskon 100.000 dan tambahan diskon 13%. harga aslinya Rp. 413.500). Secara performa, menurut saya Missha lebih efektif untuk bikin kulit saya less-oily dan lebih cerah. Saya pake SK-II FTE sekitar tiga bulan tapi gak ada hasil yang signifikan. Tapi rasanya saya gak akan repurchase karena masih ingin menjajal essence lainnya. 



Setelah banyak kabar baik tentang si Biore UV Aqua Rich Watery Essence, akhirnya saya memutuskan untuk beli ini di Dan+Dan. Saya lupa harganya berapa tapi kalo gak salah sekitar Rp. 115.000. Saya suka banget sama Biore UV Watery Essence ini. SPF 50 dan PA++++, Biore UV Watery Essence canggih banget buat melawan sinar matahari. Selain itu, formulanya cepet meresap ke kulit dan gak ada white cast. Tapi...untuk yang alergi sama alkohol kayaknya gak bisa deh pake ini, soalnya kandungan alkoholnya lumayan banyak.

Untuk night-time routine akan saya lanjutkan minggu depan ya! Bye!


No comments