Short Gateaway to South Korea: Busan

Hi~

Happy new year 2019!

Untuk post pertama di tahun 2019 ini, saya mau membahas tentang perjalanan saya ke Busan dan Seoul di Oktober 2018 (a bit late sih ya, tapi baru mood nulis sekarang).

Di post sebelumnya, saya pernah share tentang jalan-jalan ke Seoul dan tempat-tempat yang hip atau kalo orang lokal nyebutnya "hot place". Untuk kali, mungkin akan lebih up close and personal gitu kali ya.

Saya memulai perjalanan Korea Selatan ini dengan mengunjungi Busan terlebih dahulu dan Seoul kemudian. Untuk akomodasi dari Incheon Airport menuju Busan saya memilih untuk menggunakan Arex dan KTX. Biayanya memang cukup besar ketimbang naik bus atau Mugunghwa, tapi saya pilih ini karena paling cepat dan perjalanan saya di Busan cukup singkat; jadi untuk mempersingkat waktu perjalanan saya pilih KTX. Total biaya untuk KTX pada waktu saya berangkat sekitar PP Busan-Seoul IDR 1,500,000 (waktu itu memang kurs lagi tinggi banget T_T).

Di Busan, saya pilih untuk menginap di Canvas Hostel. Lokasinya cukup strategis, dekat dengan Heundae Beach dan Beach 101; ada subway station dan halte bus juga. Kamar hotelnya cukup besar untuk dua orang. Canvas Hostel juga menyediakan dapur dan tempat makan yang cukup luas. Oh iya, salah satu penjaganya juga bisa berbahasa Indonesia loh. Yang terpenting, desain ruangannya sangat aesthetic.

Hari pertama di Busan, saya pergi ke Beach 101 dan Gwangalli Beach untuk menikmati pemadangan Gwangan Bridge di malam hari. Busan at night is really beautiful. Vibe-nya Busan dan Seoul memang berbeda. Busan tuh lebih chill dan kalem; beda banget sama Seoul. Kalau kalian merencanakan untuk ke Korea, kalo bisa sempatin untuk datang ke Busan juga ya.

Pagi harinya, saya memulai perjalanan dengan mengunjungi Heundae Beach. Sayangnya, pada saat itu cuaca sedikit gloomy dan gerimis. Tapi, tidak mengurangi keindahan Heundae Beach. Karena waktu itu saya beneran pagi-pagi banget, pantainya super sepi jadi serasa milik sendiri. Setelah puas foto-foto, saya pergi ke Oryukdo Skywalk. Lokasi Oryukdo cukup jauh dari Heundae Beach, saya naik Bus dari halte Heundae menuju Oryukdo Skywalk. Kalau kalian takut ketinggian, mungkin Oryukdo Skywalk bisa di-skip dari list kalian. Di Oryukdk Skywalk, skywalknya terbuat dari kaca jadi bisa kelihatan laut dari lantainya. Penting banget untuk gunain kaus kaki yang disediain dari pihak pengelola. Dari Oryukdo Skywalk, kita bisa lihat Heundae Beach. Sebenernya gak ada yang terlalu spesial dari tempat ini selain skywalk-nya. Saya pribadi gak nyesel sih dateng kesini soalnya memang penasaran hehe.

Heundae Beach
Me at Oryukdo Skywalk
Setelah Oryukdo Skywalk, saya melanjutkan perjalanan ke the most popular tourist attraction in Busan, yaitu Gamcheon Cultural Village. Selama di Busan, saya selalu menggunakan bus sebagai moda transportasi utama. Kenapa? karena metro/subway di Busan tidak bisa menjangkau banyak tempat. Perjalanan ke Gamcheon cukup ribet karena harus 3x ganti bus dan jalannya lumayan terjal untuk bisa sampai ke Gamcheon karena lokasinya cukup tinggi diatas bukit. Gamcheon is very colorful. Lagi, Gamcheon ramai tapi tidak terlalu ramai seperti Hanok Bukchon Village. Pokoknya, vibe di Busan beneran se-chill itu.

Gamcheon Cultural Village
Selesai dari Gamcheon, saya menuju Haedong Yonggungsa. Ini adalah perjalanan terjauh dan sangat melelahkan. Kira-kira butuh waktu sekitar 1.5 jam dari Gamcheon ke Haedong Yonggungsa ini. Lagi-lagi saya harus transfer bis 3x untuk bisa sampai di Haedong Yonggungsa. Was it worth the time and effort? definitely, yes! Pemandangan kuil di pinggir pantai yang cantik banget.

Haedong Yonggungsa
Saya akhirnya menyudahi perjalanan saya di Busan. Singkat banget, memang dan 5 hari perjalanan di Korea Selatan memang gak cukup. Kedepannya saya mau coba 10 hari dan explore kota lain selain Seoul. Perjalanan Busan ini memang singkat tapi sangat ambisius. Dalam waktu 24 jam, saya mengunjungi 6 tourist attraction places. Beach 101, Gwangalli Beach, Heundae Beach, Oryukdo Skywalk, Gamcheon Cultural Village dan Haedong Yonggungsa.

Untuk perjalanan di Seoul, akan saya tulis dalam postingan yang berbeda ya.

Sekali lagi, happy new year 2019!